100 Rumah Untuk Pengungsi Suriah (membangun kembali peradaban negeri syam)

Satu dari akibat utama bagi orang-orang Suriah yang terdampak krisis kemanusiaan sejak tahun 2011 adalah perpindahan populasi. Dari populasi sebelum terjadinya krisis sebanyak sekitar 22 juta jiwa, dengan sekitar 4,2 juta jiwa diantaranya telah berdiaspora meninggalkan Suriah dan menjadi pengungsi di negara-negara lain.

Estimasi jumlah populasi yang tersisa di Suriah saat ini adalah sekitar 16,4 juta jiwa, 6,5 juta jiwa diantaranya telah menjadi pengungsi internal. Ini berarti bahwa sekitar 40% dari populasi yang tersisa adalah orang-orang yang terlantar.

Mereka yang mengungsi ini pun harus menyewa tenda-tenda tempat yang mereka tinggali sekarang, dengan kondisi yang tidak layak huni. Ketika musim dingin dan hujan tiba, air bercampur lumpur menggenangi tempat tinggal mereka, belum lagi anak-anak kecil yang mudah terserang penyakit karena kondisi lingkungan tempat tinggal yang buruk.

Kami, explore! bersama beberapa NGO Internasional lainnya berkerjasama dalam sebuah proyek program jangka panjang untuk membangun sebuah komplek tempat tinggal yang layak bagi saudara-saudara kita pengungsi Suriah. Komplek ini nantinya akan dibangun sekitar 1500+ rumah tinggal dilengkapi fasilitas klinik kesehatan, sekolah, masjid dan fasilitas lainnya.

Proyek ini akan menjadi solusi jangka panjang dari permasalahan-permasalahan yang selalu timbul di kamp-kamp pengungsian.

Kami, explore! mengajak teman-teman semua untuk turut mewujudkan kembali peradaban di negeri syam.