Etnis Uyghur, yang mana merupakan penduduk asli Turkistan Timur hingga hari ini masih mengalami krisis kemanusiaan berkepanjangan. Uyghur merupakan salah satu suku asli dan terbanyak yang tinggal di wilayah tersebut. Sejak abad ke-10 M Islam mulai diperkenalkan oleh seorang khan bernama Satuk Bugra dan menyebar ke seluruh wilayah ini di abad ke-16 M. Wilayah ini kemudian mulai diduduki oleh pemerintah Cina pada tahun 1949 dan secara resmi dideklarasikan sebagai wilayah otonom Cina pada tahun 1955. Hak-hak asasi manusia yang mendasar dari penduduk Turkistan Timur -yang hari ini menjadi Provinsi Xinjiang- telah dirampas, seperti batasan kegiatan-kegiatan keagamaan, batasan angka kelahiran bayi, larangan berpuasa di bulan suci Ramadhan, dan lain sebagainya.

Banyak dari mereka yang kemudian memilih untuk berdiaspora menyelamatkan hak-haknya ke berbagai negara hingga tak sedikit dari mereka yang memilih negara Turki sebagai akhir dari diaspora tersebut.

Namun ternyata, ini bukanlah akhir dari bencana yang mereka alami. Banyak dari mereka yang selama bertahun-tahun harus berpisah dengan keluarganya di Xinjiang tanpa bisa mengetahui bagaimana nasib keluarganya tersebut. 

Ketika ditemui di kantornya di Istanbul, Turki oleh perwakilan dari relawan explore!, salah seorang ketua dari lembaga Uyghur menyatakan bahwa Jumlah komunitas Uyghur di Turki yang dilansir pemerintah Turki adalah sebanyak kurang lebih 300.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah para janda dan para ibu yang tinggal di Turki bersama anak-anaknya tanpa tahu bagaimana kondisi suami maupun keluarga tercinta, sehingga mereka harus berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka beserta anak-anak mereka. Tak sedikit pula dari mereka yang merupakan pelajar yang harus berusaha sendiri untuk membiayai pendidikan mereka.

Oleh karena itu, program ini menyasar saudara-saudara kita etnis Uyghur yang sampai hari ini masih mengungsi di Turki, khususnya para janda, anak yatim, orang-orang sakit, dan para pelajar yang di pundak merekalah terpikul harapan bagi masa depan etnis Uyghur.

Kami membuka kesempatan dan mengajak kepada teman-teman untuk menjadi bagian yang turut serta membantu saudara-saudara kita pengungsi muslim Uyghur. Caranya:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Pilih nominal donasi

3. Isi data lengkap

4. Terakhir Klik "DONASI"

_

1. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (082129382455)